Ujian Masuk PTN Dibuka 2 Mei


















Bagi anda yang barusan selesai menjalankan Ujian Nasional dan hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Perguruan Tinggi, berikut ini ada informasi penting seputar Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
mulai dibuka pada 2-31 Mei 2010 mendatang. Pendaftaran melalui online sehingga diharapkan tidak lagi ada antrean panjang pembelian formulir di universitas.


Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panitia lokal Bandung Asep Gana Suganda mengungkapkan pendaftaran SNMPTN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta harus membayar biaya pendaftaran dahulu di Bank Mandiri untuk mendapatkan nomor identitas dan pin SMPTN.


“Setelah itu calon peserta mendaftar secara online di www.snmptn.ac.id lalu mengisi formulir yang tersedia. Setelah itu calon peserta diharuskan mencetak kartu bukti pendaftaran online,” ujar Asep Gana Suganda di Universitas Padjadjaran, Bandung, 21 April 2010.

Menurutnya untuk calon peserta yang mengikuti ujian nasional susulan masih diberikan kesempatan mendaftar secara online pada 10-12 Juni 2010. Pendaftaran terakhir akan dibuka hingga pukul 16.00 WIB.

Sedangkan untuk pelaksanaan ujian SNMPTN akan dilaksanakan pada 16-17 Juni 2010. Sebelum ujian dimulai setiap peserta akan diverifikasi oleh petugas pengawas sesuai data yang ada. Pengumuman ujian akan dilaksanakan pada 17 Juli 2010. “Para peserta wajib membawa dokumen-dokumen penting,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk penyandang tunanetra dan low vision agar melapor kepada panitia lokal setempat yang ada di setiap universitas negeri. Panitia lokal akan membantu para calon peserta penyandang cacat untuk pendaftaran maupun saat ujian.

Sementara itu, bendahara panitia lokal SNMPTN Bandung, Bambang Hermanto menuturkan hingga saat ini belum ada kendala berarti dari pendaftaran secara online. Selama ini pihak panitia SNMPTN secara nasional terus melakukan ujicoba pendaftaran online secara tertutup. Para calon peserta dapat mulai melakukan simulasi pendaftaran mulai 17 April 2010.(vivanews)

Ia juga menegaskan pihak Telkom akan all out dalam SNMPTN di seluruh Indonesia. Jika nanti ditemukan kendala dalam proses pendaftaran secara online, para calon peserta dapat mendatangi panitia lokal ataupun kantor Telkom yang ada di seluruh Indonesia.

“Kami akui akses internet berbeda-beda tiap daerah, untuk itu calon peserta dapat meminta bantuan ke kantor Telkom terdekat. Sedangkan untuk Bank Mandiri sepertinya tidak ada masalah karena Mandiri tersebar hingga tiap kota dan kabupaten,” ujarnya.

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak, Jangan Nyepam..
Bila tidak memiliki blog/website, pilihan anonymous adalah pilihan untuk anda, atau jika anda memiliki akun Facebook, pilihan name/url bisa dipakai dengan cara, masukkan alamat/url profil facebook anda di kolom url.

Salam "Apa Kabar Nusantara"