Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Indonesia Terbaru – Siapakah Dia?


















Dengan perginya Sri Mulyani ke Amerika Serikat memenuhi panggilan Bank Dunia otomatis posisi Sri Mulyani yakni Menteri Keuangan Indonesia menjadi kosong dan perlu tindakan secepatnya untuk mencari penggantinya. Kemarin Presiden Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengumumkan nama-nama calon pengganti Sri Mulyani yakni sebagai Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan. Dua orang telah ditunjuk untuk mengisi tempat yang kososng itu yakni salah satunya adalah Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo. Tahukah kalian siapa dia sebenarnya?

Nama lengkapnya Agus Dermawan Wintarto Martowardojo (55), namun dalam kartu namanya tertera Agus Martowardojo. Pria kelahiran Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956 ini dipilih Presiden SBY menjadi menteri keuangan (Menkeu). Sebelumnya namanya memang sudah banyak disebut-sebut berbagai kalangan untuk menduduki jabatan yang semula dijabat Sri Mulyani.



Dikalangan bankir, pria murah senyum yang sering disapa-Agus Marto- ini sekarang menjabat Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2005 lalu. Kiprahnya di Bank Mandiri, berhasil mempertahankan bank BUMN itu dalam beberapa tahun sebagai bank nomor satu di Indonesia dan diperhitungkan di Asia.

Selama karirnya, Agus lebih banyak berkiprah di dunia perbankan. Sebelum di Bank Mandiri, Agus sebelumnya berkiprah sebagai Direktur Utama Bank Permata, Bank of America (1984), Bank Niaga (1986-1994), Bank Bumiputera (1995–1998), Bank Exim (1998) dan pejabat di Badan Penyehatan Perbankan Nasional/BPPN (2002).

Karir dan pengetahuannya yang lebih banyak dihabiskan di dunia perbankan membuat banyak kalangan ragu Agus Marto mampu memegang kursi Menkeu. Pasalnya jabatan Menkeu lebih banyak bergelut dengan masalah fiskal.

Lulusan Universitas Indonesia 1984 ini dikenal dekat denmgan SBY. Setiap kunjungan kerja SBY ke luar negeri kabarnya selalu ditemani Agus Marto. Kedekatan itu membuat banyak pihak yakin Agus Marto akan menjadi pilihan SBY sebab penunjukan kursi Menkeu sepenuhnya wewenang Presiden SBY. (surya)

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak, Jangan Nyepam..
Bila tidak memiliki blog/website, pilihan anonymous adalah pilihan untuk anda, atau jika anda memiliki akun Facebook, pilihan name/url bisa dipakai dengan cara, masukkan alamat/url profil facebook anda di kolom url.

Salam "Apa Kabar Nusantara"